Transformasi Indonesia 2050 (7): Transformasi Indonesia 2050: Penutup dan Kepustakaan

Merenungkan tantangan Transformasi Indonesia 2050, benarlah apabila Qur’an memberikan apresiasi yang tinggi terhadap budaya membaca (perintah dan ayat pertama Qur’an adalah perintah ”iqra’ !”), dan budaya waktu yang sehat. Bahkan, seperti dinyatakan oleh Kusmayanto Kadiman, bisa dikatakan bahwa Ramadlan merupakan paket pendidikan kilat untuk membangun disiplin. Penulis ingin menegaskan bahwa Ramadlan merupakan diklat liberal arts. Dalam kaitan disiplin waktu, Rasulullah bahkan mengatakan yang paling baik adalah ”sholat pada waktunya ” (ash sholatu ’ala waqtiha). Bagaimana kesehatan jasmani, kebugaran, stamina dan kelincahan tubuh perlu ditumbuhkembangkan, Rasulullah bahkan menganjurkan agar kita belajar berenang, berkuda, dan memanah.

Sebagai penutup baiklah dikatakan, umur panjang secara Newtonian tidak banyak artinya, dibanding umur pendek namun penuh peristiwa penting yang kita jalani sebagai sebuah pengalaman hidup. Pelibatan diri kita dalam beragam peristiwa penting itu merupakan perwujudan tanggungjawab kreatif kita sebagai manusia. Tanggung jawab kreatif itulah yang dinamakan amal shaleh sebagai sebuah episode/peristiwa kehidupan kita. Oleh karena itulah, dalam Al Qur’an surat al ‘Ashr, Tuhan bahkan bersumpah atas nama waktu, dan manusia niscaya dalam keadaan merugi, kecuali bagi mereka yang beriman dan membuktikannya dalam amal shaleh. Orang-orang beriman menyadari bahwa mereka adalah makhluq yang harus mengambil tanggungjawab sejarah melalui karya-karya kemanusiaan.

Kepustakaan

Covey, S.R,. Merrill A.R, and Merrill R.R.“ First Things First”, Simon and Schuster, 1994

Gates, Bill. “Competition @ the Speed of Thought”. Time Warner, 1999

Hawking, S.W, and Penrose, R. “The Nature of Space and Time”. Princeton University Press, 1996

Hawking, S.W., and Mlodinow, L. “A Briefer History of Time”, Bantam, 2005

Hotama, S. N. “Pembagian Wilayah Waktu Indonesia”. Prosidings Seminar yang diselenggarakan oleh ITS, KMNRT, IMA dan PT. PLN. Indonesia Marketing Association. 2006

Jim O’Neil “Dreaming with BRICs: The Path to 2050” Goldman Sachs Global Economic Paper No. 99, 2003

Kadiman, K. “Puasa dan Disiplin”. Harian Umum Pikiran Rakyat, 28 September 2007.

McFarlane, J.F. “The Nature of Time”. www.integralscience.org. 1998

Rosyid, D.M. “ Penetapan Iedul Fithri : Antara Newton dan Kant-Leibniz”. Harian Umum Surabaya Post, Oktober 2007

Tracy, B. “Time Power”. AMACOM, 2004

Leave a Reply

Your email address will not be published.